• Home
  • Peristiwa
  • Terbukti Pencemaran, Kejari Dumai Akan Meja Hijaukan PT Nagamas

Terbukti Pencemaran, Kejari Dumai Akan Meja Hijaukan PT Nagamas

Kamis, 03 Agustus 2017 12:42:00
BAGIKAN:

DUMAISATU.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Dumai melalui Kasi Intel Almon. SH menegaskan jika terbukti melakukan pencemaran dan berkas laporan lengkap 'Libas' sesuai hukum berlaku.

"Selama ini pihak kita tidak pernah menerima laporan tumpahan minyak ataupun pelaku pencemaran di Kota Dumai, jadi dengan kejadian ini jika terbukti kita libas," tegas Almon didepan pertemuan di Kantor PT Pelindo I Cabang Dumai, Selasa (01/08/2017) kemarin.

Lanjutnya, dihadapan Walikota Dumai, KSOP, Pelindo dan Kepolisian serta Pimpinan PT Nagamas Palm Oil dengan kejadian ini proses hukum berjalan dengan aturan berlaku.

"Kita dalam hal ini masih menunggu berkas laporan dari kepolisian maupun Dinas Lingkungan Hidup sejauh mana pembuktiannya dan penetapan hukum bersalah atau tidak pengadilan yang menetapkan," ungkap Almon seperti dikutip dari riaupembaruan.com.

Diberitakan sebelumnya, Puluhan ton bahan baku Crud Palm Oil (CPO) setengah jadi jenis Stearin penuhi laut Dumai. Kejadian itu terjadi di kawasan pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai melalui tangki timbun milik PT Nagamas Palm Oil (NPO) sekitar pukul 03.00 Wib, Jum'at (28/7/2017) dini hari.

Ironisnya, pada saat kejadian tidak nampak adanya pemasangan oil boom. Padahal sesuai aturan, perusahaan industri pengolah minyak sawit harus menyediakan oil boom saat kejadian. Setelah lebih kurang 4 jam dari kejadian barulah terlihat Oil boom dipasang oleh mereka. Dan dari informasi yang didapat perlengkapan Oil bom tersebut milik dari PT Pelindo I Dumai bukan dari PT Nagamas. (rpc)

Editor: Mulak Sinaga

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pasca Tumpahan Minyak PT Nagamas, Polres Dumai Periksa Saksi Kejadian

    DUMAISATU.COM - Pasca tumpahan puluhan ton bahan baku pembuatan mentega (Stearin) PT Naga Mas beberapa hari lalu.

  • Pasca Tumpahan Minyak PT Nagamas, Waka Polres Dumai Sebut Proses Hukum Berlanjut

    DUMAISATU.COM - Permasalahan tumpahan Stearin Palm Oil milik PT Nagamas Palmoil Lestari di pelabuhan pokala dermaga B Pelindo I

  • PT Nagamas Bersalah, Operasional Ditutup Sementara

    DUMAISATU.COM - Pertemuan di Kantor Pelindo I Dumai dihadiri Walikota Dumai Zulkifli  AS, KSOP Dumai Junggong Sitorus, Komi

  • Ambil Langkah Tegas Soal PT Nagamas, Kepala KSOP Dumai Bentuk Tim

    DUMAISATU.COM - Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai, Capt Jonggung Sitorus MM langsung merespon insiden tumpahan minyak j

  • KOMENTAR