• Home
  • Maritim
  • Serikat Pekerja Pertamina Dumai Suarakan Bela Blok Migas

Serikat Pekerja Pertamina Dumai Suarakan Bela Blok Migas

Rabu, 18 Juli 2018 13:43:00
BAGIKAN:

DUMAISATU.COM - FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) PT Pertamina RU II Dumai menggelar aksi demo di Gate I Kilang Pertamina Jalan Putri Tujuh Dumai, Rabu (18/7/2018).

Aksi demo yang diikuti 300 karyawan Pertamina ini dilakukan karena pekerja menolak adanya akuisisi Pertamina Gas (Pertagas) yang 100 persen sahamnya milik Pertamina oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) yang sahamnya sudah tidak lagi 100 persen milik pemerintah.

Mereka juga menyampaikan orasi di depan Gate I dan membentang spanduk bertuliskan Blok migas yang akan habis kontraknya harus dikelola oleh negara melalui Pertamina, kembalikan kedaulatan energi kepangkuan ibu pertiwi.

Selamatkan Pertamina dari penjarahan yang terstruktur dan semena-mena. Dan jangan jadikan Pertamina sapi perahan hanya untuk memenuhi syahwat kekuasaan, ujar para pendemo.

Demo dipimpin langsung Ketua Serikat Pekerja H Ridwan dan Sekjen Serikat Pekerja Agustiawan diikuti seluruh serikat pekerja Pertamina RU II Dumai sekitar 500 orang.

Dalam orasinya, para pekerja mengatakan akusisi ini disesalkan banyak pekerja karena dinilai merugikan dan dapat menghancurkan NKRI. Pertagas sahamnya 100 persen milik Pertamina milik rakyat Indonesia.

"Jayalah Pertamina untuk masyarakat Indonesia. Jangan lemahkan Pertamina karena akan merugikan Negara, kami akan selalu menjaga kejayaan negeri ini karena kedaulatan migas menjadi harga mati, ketika kedaulatan migas dikuasai asing kita sangat mudah di kebiri," teriak Serikat Pekerja.

Ketua SP-KMPT Pertamina RU II Dumai, Riduan, S.ST mengatakan aksi itu merupakan bentuk keprihatinan pekerja karena pemerintah tidak menyikapi kebijakan yang dianggap dapat mengancam kelangsungan bisnis Pertamina dan Kedaulatan Negara atas Energi Nasional di sektor Migas.

"Makin diperparah dengan rencana proses penggabungan Pertagas ke PGN ini dinilai akan menjatuhkan laba perusahaan dari sebelumnya 100 persen milik Pertaminasehingga berpotensi mengurangi pendapatan negara," ujarnya.

Rencanany Jum'at aksi demo akan dilakukan di pusat dengan melibatkan seluruh karyawan yang terlibat dalam serikt pekerja kilang se Indonesia.

Penulis: Jecky K

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Warga Panik Saat Kobaran Api Kilang Pertamina Dumai Membesar

    DUMAISATU.COM - Warga yang tinggal di sekitaran kelurahan Tanjung Palas panik saat melihat kobaran api besar dari dalam area kil

  • KOMENTAR