• Home
  • Maritim
  • Polres Dumai Periksa Tumpahan CPO PT Naga Mas

Polres Dumai Periksa Tumpahan CPO PT Naga Mas

Minggu, 26 Maret 2017 10:54:00
BAGIKAN:
Tumpahan CPO milik PT Naga Mas di perairan laut Dumai.

DUMAISATU.COM - Kapolres Dumai AKBP Donal H Ginting menyebutkan, penanganan tumpahan CPO ke laut sekitar pukul 11.42 Wib Sabtu sudah dilakukan dengan mengambil barang bukti sampel minyak tergenang dan memeriksa sejumlah saksi.

"Kita akan melihat apakah tumpahan ini ada pelanggaran atau kelalaian, dan selanjutnya dilakukan gelar perkara untuk tindakan lebih lanjut," kata kapolres kepada wartawan, Minggu.

Kasus tumpahan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (cpo) di perairan laut sekitar 100 kilogram milik PT Naga Mas saat transfer ke atas kapal MT ARK Progress.

"Minyak bersemburan dan jatuh ke dalam laut diperkirakan lebih kurang 100 kilogram, dan perusahaan mengaku langsung melakukan pembersihan cpo tumpah tersebut," jelas Donald.

Hasil pemeriksaan sementara, saat proses muat minyak hampir siap, dilakukan pembersihan pipa hubung penyalur minyak ke kapal dengan cara membuat tekanan angin ke dalam pipa.

"Transfer minyak CPO dari pabrik ke kapal berbendera India di dermaga B Pelindo Dumai ini direncanakan dengan volume muat empat ribu ton, dimulai sejak Jumat hingga Sabtu," jelas Kapolres.

Namun, di saat angin mulai disemprotkan, pipa penghubung masih tersalur ke dalam tanki kapal dan lubang utama dibagian atas tidak ditutup, sehingga minyak dari tanki tampung menyembur ke luar.

Upaya pembersihan selama hampir tiga jam tersebut dilakukan perusahaan dengan menurunkan kapal pompong milik nelayan dan menggunakan alat tradisional, seperti ember dan tong besi.

Penulis: Mulak Sinaga 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Warga Bukit Kapur Diciduk Polisi Miliki Serbuk Kristal

    DUMAISATU.COM - Satu paket kecil diduga Narkotika jenis sabu-sabu dengan berat kotor 4,08 gram, satu buah alat hisap sabu dan Un

  • Polres Dumai Ciduk Satu Keluarga Kompak Jual Sabu

    DUMAISATU.COM - Satuan Reserse Narkoba Polres Dumai menangkap tiga pengedar sabu yang masih terbilang satu keluarga. Bahkan dua

  • Dikunjungi Dandim Dan Kapolres Dumai, Kampung Dalam Bersih-bersih

    DUMAISATU.COM - Ratusan orang petugas dari gabungan intansi Polri dan TNI pagi itu terlihat berkumpul di halaman Sekolah Pelayan

  • Sempat Kejar - kejaran, DPO Pencuri Kabel Di Kawasan Industri Dumai Diciduk Polisi

    DUMAISATU.COM - WA (50) warga Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai berakhir dari pelatih setelah mencoba melarikan diri

  • KOMENTAR