• Home
  • Maritim
  • Penerbangan Bandara Pinang Kampai Kembali Dibuka

Penerbangan Bandara Pinang Kampai Kembali Dibuka

Rabu, 13 Desember 2017 11:11:00
BAGIKAN:
Istimewa

DUMAISATU.COM - Sempat ditutup beberapa hari karena kendala kurang terpenuhi fasilitas keselamatan, Bandara Pinang Kampai Dumai kembali melayani penerbangan komersil.

"Alhamdulilah, bandara kembali melayani penerbangan umum dan kita bisa langsung terbang dan waktu perjalanan singkat dengan pesawat komersil," kata Boby Elanda.

Pengusaha swasta ini mengaku sangat terbantu dengan pelayanan penerbangan umum di Bandara Pinang Kampai Dumai karena urusan jadi cepat dan mudah dengan jarak tempuh singkat dan tidak memakan waktu lama.

Terutama penumpang untuk tujuan ke Kota Pekanbaru, hanya 30 menit di perjalanan dengan pesawat. Beda jika menggunakan  transportasi darat akan memakan waktu minimal empat jam.

"Kita berharap kedepan bandara tidak ada kendala dalam melayani penerbangan umum, agar masyarakat punya banyak pilihan alat transportasi, baik udara, laut dan darat," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Dumai Asnar mengakui Bandara Pinang Kimpali (PK) sudah kembali beroperasi normal melayani penerbangan masyarakat umum, menyusul akan terpenuhinya fasilitas keselamatan bandara.

Menurut dia, saat ini sudah ada satu unit kendaraan pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) yang dipinjam dari Pertamina dan masih mengupayakan satu unit lagi milik PT Chevron.

"Kita terus berupaya agar bandara segera beroperasi, dan kini masih berkomunikasi dengan Chevron agar bisa kembali meminjamkan kendaraan, karena standar harus ada dua unit kendaraan damkar," kata Asnar.

Akibat bandara ditutup, maskapai penerbangan Wings Air dan Transnusa tidak dapat beroperasi sementara waktu melayani komersil, dengan melayani beberapa rute seperti Dumai-Pekanbaru, Dumai-Medan, Dumai-Jakarta dan Dumai-Batam.

Fasilitas keamanan bandara diatur Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan Keputusan Dirjen Perhubungan Udara Nomor SKEP/94/IV/1998 tentang Persyaratan Teknis dan Operasional Fasilitas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran.

Penulis: Deka Handani

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Lelang Pihak Ketiga Terminal Barang Dishub Dumai Dipertanyakan

    DUMAISATU.COM - Proses lelang pelaksana pihak ketiga Terminal Barang Dinas Perhuhungan (Dishub) Dumai dipertanyakan, ditengarai syarat dengan permaina
  • Dumai-Cengkareng Via Penerbangan AviaStar

    DUMAISATU.COM - Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, menambah rute penerbangan tujuan Dumai - Cengkareng yang dilayani maskapa

  • Kadishub Dumai: Wajib Pajak Parkir Tidak Melapor Terkena Sanksi Pidana

    DUMAISATU.COM - Dinas Perhubungan Kota Dumai menghimbau kepada seluruh objek wajib pajak parkir kendaraan untuk

  • Travel Ilegal Marak Di Dumai, Dishub Segera Ambil Tindakan

    DUMAISATU.COM - Dinas Perhubungan Kota Dumai segera melakukan penertiban terhadap pengusaha travel yang dinilai

  • KOMENTAR