• Home
  • Kesehatan
  • Sidak BPOM Di Dumai Temukan Dua Makanan Mengandung Boraks

Sidak BPOM Di Dumai Temukan Dua Makanan Mengandung Boraks

Selasa, 30 Mei 2017 21:08:00
BAGIKAN:
Istimewa
Sidak BPOM Di Dumai tepatnya di Pasar Sering Mersing dan beberapa swalayan.

DUMAISATU.COM - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau yang dipimpin Kabid Pemdik, Adrizal bersama tim didampingi, Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai Zulkarnain mengambil sampel 26 item makanan di Pasar Bunda Sri Mersing Dumai.

Sejumlah makanan yang dibeli dari Pasar Bunda Sri Mersing, diantaranya, cincau, kolang kaling, mie, ikan asin, ikan laut, terasi, dan berbagai Jajanan ramadhan atau biasa disebut takjil.

"Kegiatan ini sudah kami lakukan di Pekanbaru, sekarang di Dumai dan kami akan keliling seluruh Kabupaten yang ada di Riau ini. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi masyarakat dari makanan yang bisa membahayakan kesehatan," terang Adrizal.

Lanjutnya, soal sangsi jika didapati makanan yang mengandung bahan yang membahayakan kesehatan, Adrizal, mengaku pihaknya akan melakukan pembinaan. Agar penjual atau pembuat tidak mengulangi lagi hal yang merugikan orang lain.

"Hasil barang dibeli diperiksa labor dan pihak kita temukan makanan mengadung boraks pada mie kuning basah dan kerupuk Sinaboy," kata Adrizal, Selasa (30/5/2017).

Tambahnya, Mie kuning basah dan kerupuk sinaboy sendiri sebelumnya dibeli pihak BPOM di pasar tradisional Bunda Sri Mersing Dumai bersama dengan 26 jenis makanan dan minuman lainnya untuk di uji kualitasnya.

Sementara itu, Zulkarnain selaku Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai, menyambut baik atas apa yang dilakukan BPOM Riau, karena ini sebagai upaya melindungi konsumen.

Bahkan pihak Perindag, meminta agar ada kantor perwakilan BPOM di Dumai agar memudahkan dalam melakukan tindakan terhadap barang yang tidak hanya masalah kesehatan, namun juga soal legalitas. "Karena kewenangan kami hanya melakukan pengawasan dan pembinaan, sementara tindakan itu kewenangan ada di BPOM dan Polres, " pungkasnya.

Penulis: Deka Handani 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 45 Orang Petugas Lakukan Pengawasan Hewan Qurban Di Dumai

    DUMAISATU.COM - Pemerintah Kota Dumai Riau menurunkan 45 petugas pengawas kesehatan hewan kurban ke 60 titik pengumpulan hewan t

  • Lagi, Warga Dumai Kota Diciduk Miliki Dua Paket Sabu

    DUMAISATU.COM - Upaya pihak kepolisian dalam memberantas peredaraan narkotika terus ditingkatkan, terbukti Satuan Reserse Nark
  • Petria Nespita Jemput Aspirasi Ke Kampung-kampung

    DUMAISATU.COM - Petria Nespita lebih memilih memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 bersama warganya. Un

  • Alfamart Bumi Ayu Ditutup Paksa Satpol PP Dumai

    DUMAISATU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja menutup paksa dan melakukan penyegelan toko ritel modern Alfamart yang berada di Jala

  • KOMENTAR