• Home
  • Ekonomi
  • Pertamina Dumai Izinkan Pendirian 11 Tower Listrik

Pertamina Dumai Izinkan Pendirian 11 Tower Listrik

Kamis, 03 Agustus 2017 12:36:00
BAGIKAN:
Ilustrasi
DUMAISATU.COM - PT Pertamina (Persero) akhirnya mengizinkan PLN melanjutkan pembangunan 11 tapak menara atau "tower" listrik di lahannya di Kota Dumai, Provinsi Riau. 
 
Kesepakatan ini terjadi pada Rabu, (2/8). Lebih cepat dari jadwal awal pertemuan perundingan keduanya yang seharusnya berlangsung pada Jumat (4/8). 
 
Hal ini menunjukkan Pertamina sangat mendukung program percepatan pembangunan tol listrik Sumatera di Dumai. 
 
Audy Arwindha, Head of Communication and Relations Pertamina RU II Dumai mengatakan pihaknya dan PLN sudah menemui kata sepakat dalam hal mekanisme pembangunan tapak tower tersebut. Tindak lanjut pengerjaannya ini, pihak Pertamina menunggu surat permohonan izin memulai pengerjaan konstruksi dari PLN yang rencananya akan dilayangkan pada Kamis, (3/8/2017). 
 
"Nah, nanti dari situ baru Pertamina akan membalas surat PLN tersebut dan mempersilahkan untuk memulai pengerjaannya," jelas Audy. 
 
Sedangkan untuk permasalahan lahan sendiri yang juga sempat menjadi perdebatan, lanjut Audy akan disesuaikan dengan kesepakatan awal pada bulan Juni lalu. Di mana saat itu, Kejaksaan Tinggi Riau dan Kepala BIN Daerah Riau yang memediasi pertemuan tersebut. 
 
Sistemnya yakni dengan cara ganti rugi. Hal ini berpedoman pada Undang undang No 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
 
Dalam mediasi tersebut juga disepakati PLN dapat melakukan pekerjaan konstruksinya di areal milik Pertamina tersebut dengan cara pararel. Artinya pengerjaan konstruksi akan dibarengi juga dengan proses pelengkapan administrasi atau tata cara pengadaan tanah.
 
"Kita harapkan pada akhir pekan ini, pihak PLN sudah bisa mulai pengerjaan konstruksi. Paling lama minggu depan lah. Kita sangat mendukung program tol listrik tersebut," tukasnya. 
 
Sementara itu, Andi Rizki, Plt Deputy Manager Hukum dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) II mengatakan, pihaknya akan segera berkirim surat kepada Pertamina dalam rangka permohonan izin untuk memulai pengerjaan.
 
"Iya, surat akan kami buat pagi Kamis dan langsung dikirimkan ke Pertamina," ujarnya.
 
Namun untuk lansiran material ke lokasi disebutkan Andi, sudah dimulai sejak Senin (31/7) lalu.
 
"Pertamina pada dasarnya sangat mendukung pembangunan jaringan transmisi Dumai-KID 35 ribu megawatt sebagai salah satu nawacita Presiden. Namun memang ada beberapa hal yang perlu dibahas kembali agar dalam proses pengerjaan konstruksinya dapat berjalan lancar termasuk standar safety bekerja di wilayah Pertamina," jelas Andi.
 
Untuk diketahui, PLN akan melaksanakan pembangunan total sebanyak 99 tower tol listrik, termasuk di daerah Dumai. 
 
Namun pengerjaannya sedikit terhambat lantaran sejumlah tower akan dibangun di lahan negara dan adanya masyarakat yang bertempat tinggal di lahan konsesi negara yaitu di lahan Taman Wisata Alam Sungai Dumai, lahan SKK Migas/PT Chevron Pacific Indonesia serta beberapa di lahan Pertamina. 
 
Dalam perjalanannya, sejumlah pembahasan demi pembahasan dilakukan untuk menentukan mekanisme sistem pengadaan lahannya. Misalnya di lahan milik Pertamina ini. 
 
Pengerjaan konstruksi sempat terhambat lantaran ada beberapa hal yang belum menemui kesepakatan. Namun sesuai hasil pertemuan terbaru yang dilakukan PLN dan Pertamina pada Rabu kemarin, akhirnya disepakati jika pengerjaan proyek strategis nasional itu dapat dimulai dalam waktu dekat. (Ant)
 
Editor: Rezi AP 
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 45 Orang Petugas Lakukan Pengawasan Hewan Qurban Di Dumai

    DUMAISATU.COM - Pemerintah Kota Dumai Riau menurunkan 45 petugas pengawas kesehatan hewan kurban ke 60 titik pengumpulan hewan t

  • Lagi, Warga Dumai Kota Diciduk Miliki Dua Paket Sabu

    DUMAISATU.COM - Upaya pihak kepolisian dalam memberantas peredaraan narkotika terus ditingkatkan, terbukti Satuan Reserse Nark
  • Petria Nespita Jemput Aspirasi Ke Kampung-kampung

    DUMAISATU.COM - Petria Nespita lebih memilih memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 bersama warganya. Un

  • Alfamart Bumi Ayu Ditutup Paksa Satpol PP Dumai

    DUMAISATU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja menutup paksa dan melakukan penyegelan toko ritel modern Alfamart yang berada di Jala

  • KOMENTAR