• Home
  • Dumai
  • Walikota Dumai Ajak Semua Pihak Antisipasi Karlahut

Walikota Dumai Ajak Semua Pihak Antisipasi Karlahut

Kamis, 10 Agustus 2017 13:22:00
BAGIKAN:
Istimewa

DUMAISATU.COM - Polres Dumai bersama instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Siak 2017 dan Apel Kesiapan Dalam Rangka Penanganan Karlahut di Wilayah Kota Dumai, Kamis (10/8/2017) di Halaman Kantor Bersama Jalan Soebrantas Kota Dumai.

Walikota Dumai Zulkifli AS selaku Pimpinan Upacara dalam amanatnya menyampaikan, seperti yang diketahui bersama, karlahut di Kota Dumai telah menyebabkan kerugian yang tidak sedikit baik material maupun immaterial.

"Jika dihitung kerugian lainnya seperti kerugian lingkungan dan juga terjadinya konflik satwa dengan manusia karena kebakaran lahan dan hutan berakibat satwa-satwa tersebut lari dari habitatnya menuju lahan pertanian dan perkebunan serta masuk ke pemukiman masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, menjaga lingkungan agar tetap sehat merupakan amanat Undang Undang Dasar 1945 pasal 28 ayat 1 berbunyi setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

"Awal tahun 2017 hingga kini telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai sebanyak 28 titik hotspot yang seluruhnya kini sedang dalam proses penyelidikan pihak kepolisian," kata Walikota.

Lanjutnya, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan sendiri melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik Pemerintah Kota Dumai, Swasta, dan masyarakat.

“Pelibatan masyarakat secara menyeluruh termasuk masyarakat peduli api yang telah dibina oleh para pihak pemangku kepentingan untuk selalu melaksanakan patroli dan membantu pemadaman agar dapat menekan terjadinya kebakaran hutan dan,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Dumai, Letkol Laut (KH) Syaiful, Kasdim 0320/Dumai, Mayor Arh Sudiyono, Wakapolres Dumai, Kompol Dhana Ananda, Dansubdenpom Dumai, Lettu CPM Tari Murjoko, Kadis Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo, Danpomal Dumai, Mayor Laut (PM) Aristyanto, dan Kepala BPBD Dumai, Tengku Izmet.

Penulis: Rahmad 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 45 Orang Petugas Lakukan Pengawasan Hewan Qurban Di Dumai

    DUMAISATU.COM - Pemerintah Kota Dumai Riau menurunkan 45 petugas pengawas kesehatan hewan kurban ke 60 titik pengumpulan hewan t

  • Lagi, Warga Dumai Kota Diciduk Miliki Dua Paket Sabu

    DUMAISATU.COM - Upaya pihak kepolisian dalam memberantas peredaraan narkotika terus ditingkatkan, terbukti Satuan Reserse Nark
  • Petria Nespita Jemput Aspirasi Ke Kampung-kampung

    DUMAISATU.COM - Petria Nespita lebih memilih memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 bersama warganya. Un

  • Alfamart Bumi Ayu Ditutup Paksa Satpol PP Dumai

    DUMAISATU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja menutup paksa dan melakukan penyegelan toko ritel modern Alfamart yang berada di Jala

  • KOMENTAR