• Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Serahkan Alat Pertanian

Pemko Dumai Serahkan Alat Pertanian

Kamis, 12 Oktober 2017 22:38:00
BAGIKAN:
Humas Dumai

DUMAISATU.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyerahan bantuan alat pertanian berupa handtraktor dan mesib pompa air kepada kelompok tani Kota Dumai, Selasa (10/10).

Penyerahan 21 unit alat pertanian ini secara simbolis diserahan langsung oleh Walikota Dumai H. Zukifli As, Dandim 0320 Letkol Kav Rendra Siagian dan Anggota Komisi II DPRD Dumai Ponimin kepada perwakilan kelompok tani penerima bantuan.

Walikota Dumai H. Zulkifli As pada sambutannya berharap bantuan alat pertanian ini dapat meningkatkan produksi pertanian petani Dumai yang secara langsung akan meningkatkan perekonomian petani itu sendiri.

"21 alat pertanian berupa handtraktor dan pompa air yang kita serahkan ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2017 sebanyak 15 unit alat pertanian dan 6 unit lainnya bersumber dari APBD Dumai," kata Zulkifli As.

Lanjutnya, Tolong dilakukan perawatan mesin bantuan yang kita serahkan ini. Sisihkan sebahagian pendapatan untuk biaya perawatan agar peralatan yang ada dapat bertahan lama sehingga nantinya tidak rusak dan terbiarkan.

"Kendala yang dihadapi petani Dumai saat ini adalah tidak semua petani yang memiliki lahan sendiri jadi mereka hanya bisa memanfaatkan tanah kosong yang ada sehingga sangat sulit dalam peningkatan produksi dan peningkatan ekonomi mereka sendiri," kata Zulkifli AS.

Saat ini luas lahan pertanian di Kota Dumai sebesar 2200 hektar dengan lahan milik warha dan sudah berprodukai. Dimana saat ini produksi padi Dumai mencapai 4000 ton pertahun.

Namun jumlah itu masih jauh dari kata pemenuhan kebutuhan masyarakat Dumai yang pertahunnya sebanyak 32000 ton. Dengan kata lain petani Dumai baru bisah memenuhi sebanyak 14 persen dari kebutuhan masyarakat Dumai.

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bukit Kapur Jadi Kawasan Sadar Kerukunan Umat Beragama

    DUMAISATU.COM - Kepala Kanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi Hasibuan bersama Wali Kota Dumai H Zulkifli AS, meresmikan Kecamatan Bukit Kapur, K

  • Polres MoU Penerimaan Calon Anggota Polri Bersama Pemko Dumai

    DUMAISATU.COM - Polres Dumai bersama Pemko Dumai lakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dala

  • Tim Gabungan Pemko Dumai Segel 33 Tiang Tumpu

    DUMAISATU.COM - Tim gabungan Satpol PP Dumai bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kot

  • Wacana Mewujudkan Penyeberangan Roro Dumai-Malaka

    DUMAISATU.COM - Penyeberangan jasa transportasi

  • KOMENTAR