Dishub Dumai Survey Ruas Jalan Potensi Retribusi Parkir

Selasa, 02 Mei 2017 11:08:00
BAGIKAN:
Net-Ilustrasi
Pengelola parkir

DUMAISATU.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai lakukan survey jumlah kendaraan di wilayah ruas jalan berpotensi menghasilkan retribusi parkir untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu dilakukan sebelum melaksanakan penarikan retribusi parkir, di empat ruas jalan protokol, seperti Sudirman, Sultan Syarif Kasim, Hasanuddin, Sukajadi dan ditambah sembilan jalan kawasan pemukiman padat.

Kepala Dinas Perhubungan Asnar melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Dumai, Anton Budi Dharma, mengatakan sebanyak 65 orang pegawai dan tenaga lapangan diturunkan untuk survei mobilisasi kendaraan di sejumlah ruas jalan tersebut.

"Survei yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui potensi jumlah kendaraan yang parkir di tepi jalan umum sebelum kita mulai menerapkan penarikan retribusi jasa parkir," kata Anton, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Anton, setelah melaksanakan survei yang direncanakan selama 12 hari tersebut, pihaknya juga akan melakukan wawancara dengan petugas juru parkir untuk mengetahui kondisi riil dilapangan setiap harinya.

"Dengan survei ini nantinya target dan sasaran akan lebih terarah dan pelayanan jadi maksimal, aturan penyelenggaraan parkir tepi jalan umum sudah kita siapkan dalam peraturan wali kota," katanya.

Disebutkannya juga, Pemko Dumai akan menseriuskan pelayanan jasa perparkiran tepi jalan umum dengan pembagian ruas jalan per zona dan menggandeng pihak swasta sebagai pengelola sesuai ketentuan berlaku.

Anton juga mengungkapkan, apa yang dilakukan instansinya merupakan satu terobosan untuk dijalankan dalam sistem perparkiran ini, Dishub Dumai bekerjasama dengan perusahaan asuransi untuk klaim kendaraan hilang bagi pemilik yang mengantongi karcis resmi pemerintah.

"Ketentuan yang tertuang dalam peraturan wali kota akan disosialisasikan ke masyarakat dan pengelola, dan dari sektor ini ditargetkan bisa memberi pendapatan asli daerah Rp1,6 miliar setahun," katanya mengakhiri.*** (Adventorial)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • September 2017, PAD Terminal Barang Dumai Rp13 Miliar

    DUMAISATU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Dumai Asnar mengatakan Pendapatan Asli Daerah (P

  • Wacana Mewujudkan Penyeberangan Roro Dumai-Malaka

    DUMAISATU.COM - Penyeberangan jasa transportasi

  • Dishub Dumai Himbau Perusahaan Lapor Pajak Parkir

    DUMAISATU.COM - Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) diwajibkan seluruh per

  • Dishub Dumai Siapkan Harhubnas 2017

    DUMAISATU.COM - Menjelang peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai membuat g

  • KOMENTAR